Gula Aren Bawean Merambah Pasar Global. Ini Manfaatnya! 

GULA Aren Bawean bisa membikin gaya hidup Anda lebih manis. Hidup bertambah “manis”. Sebab, gula aren atau gula merah atau gula jemblok memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sedikit ada 13 manfaat gula aren. Asal mengonsumsi dalam takaran yang tepat. Karena itu, banyak makanan kekinian menggunakan gula aren. 

Bahkan di hotel berbintang menyediakan gula aren dalam kemasan. Gula bisa diseduh dengan teh, susu juga air hangat biasa. Apa saja manfaat mengonsumsi gula aren. Ini Manfaat Gula Aren!

MANFAAT GULA: INI sebagian manfaat gula aren. Banyaknya manfaat bagi tubuh manusia membuat gula aren Pulau Bawean bisa merambah pasar internasional

Meningkatkan daya ingat

Melansir ruparupa.com Tidak hanya lansia, tetapi remaja dan orang dewasa juga seringkali lupa akan sesuatu atau sering disebut pikun. Gula aren dapat membantu meningkatkan daya ingat kamu loh. Kamu dapat mengonsumsi campuran gula aren dan susu hangat sebelum tidur. Hal ini akan membantu meningkatkan daya ingat kamu dan membuatmu lebih rileks.

Mengatasi sakit tenggorokan

Cuaca yang berubah-ubah tentunya dapat mengganggu kesehatan, salah satunya adalah sakit tenggorokan. Tetapi tenang saja. Gula aren dapat membantu kamu meredakan sakit tenggorokan.

Kamu hanya perlu mencampurkan gula aren dan lada hitam ke dalam secangkir air hangat dan aduk hingga merata. Minumlah pada malam hari secara rutin sampai tenggorokanmu pulih. 

Melancarkan pencernaan

Serat inulin ini terkandung di dalam gula aren. Serat ini dapat membantu memperlancar pencernaanmu dan mengendalikan bakteri pada usus. Kamu dapat menambahkan gula aren pada teh herbal. 

Meningkatkan imun tubuh

Berikutnya, manfaat gula aren adalah mampu meningkatkan imun dan stamina tubuh sehingga badan kamu akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

BELI DI LOKASI : Seorang konsumen membeli gula aren di lokasi pembuatan di Pulau Bawean pada Rabu, 1 Juni 2022 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Menangkal radikal bebas

Antioksidan yang ada dalam gula aren mampu menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker. Jadi, cobalah mengonsumsi gula aren dalam batasan yang sesuai untuk membantumu terhindar dari berbagai penyakit.

Menurunkan berat badan

Gula aren lebih rendah kalori daripada gula putih. Kamu dapat mengganti penggunaan gula putih menjadi gula aren untuk membantumu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Tetapi kamu tetap harus memperhatikan batasan konsumsinya.

Menyembuhkan infeksi saluran kemih

Kandungan antiinflamasi pada gula aren dapat membantu meredakan infeksi saluran kemih, gangguan ginjal, rematik, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Kamu hanya perlu menambahkan gula aren ke secangkir susu hangat dan meminumnya. 

Mengatasi kram menstruasi

Gula aren juga mengandung lebih banyak kalium dan zat besi daripada gula putih. Nutrisi inilah yang dapat mengatasi rasa nyeri atau kram saat haid. Selain itu, gula aren juga dapat membantu melancarkan haid kamu loh.

Mengatasi anemia

Gula aren mengandung zat besi yang tinggi dan juga berbagai vitamin B yang diperlukan tubuh. Bagi penderita anemia, gula aren dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan meregenerasi aliran darah dalam tubuh.

BUBUR MADURA: Bubur aneka warna ini menggunakan gula aren atau gula merah atau gula jemblok sebagai topping pemanis sehingga disukai orang dewasa hingga anak-anak. Penjual bubur keliling di Jalan KH Wachid Hasyim, Kelurahan Pekauman, Kecamatan/Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Menghangatkan tubuh dan meredakan demam

Cuaca sedang dingin? Cobalah mencampurkan gula aren ke dalam minuman hangat kamu agar tubuhmu dapat lebih hangat. Gula aren juga biasanya menjadi bahan utama pembuatan wedang jahe dan minuman hangat lainnya. Selain itu, gula aren juga dapat meredakan demam dan menetralkan suhu tubuh. 

Menjaga kadar kolesterol tetap stabil

Kandungan vitamin B3 yang tinggi dalam gula aren mampu membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tentunya hal ini dapat sangat membantu menjaga kesehatan jantung.

Mencegah asma kambuh

Asma adalah penyakit pernapasan yang dapat membuat penderitanya kesulitan bernapas. Bagi kamu yang memiliki riwayat asma dan ingin mencegahnya kambuh, cobalah untuk mengganti konsumsi gula putih menjadi gula aren. Gula aren dapat membantu melawan reaksi alergi dari penyakit asma. 

Memperlancar sirkulasi darah

Tahukah kamu kalau sirkulasi darah yang tersumbat itu sangat berbahaya ? Hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit, seperti stroke, sakit jantung, hipertensi, dan lain-lain. Kamu dapat mengonsumsi gula aren untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di tubuhmu. 

Nah itu, sebagian manfaat gula aren. Setelah mengetahui manfaat gula aren. Bagaimana cara membuatnya. Simak artikel berikutnya. Tetap di 1minute.id. (yad)