Festival Kampung Pecinan, Bupati Gresik : Ajak Warga Ikut Menjaga dan Melestarikan

GRESIK,1minute.id – Festival Kampung Pecinan  digelar Disparekrafbud Gresik pada Sabtu malam,11Juni 2022. Gelaran kali pertama di salah satu destinasi wisata di Gresik Kota Lama ini dibuka oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Kampung Pecinan, salah destinasi wisata minat khusus berupa bangunan Klenteng Kiem Hien Kiong yang dibangun pada 1 Agustus 1153  atau 869 tahun itu.

Kampung Pecinan berlokasi di Jalan Setiabudi, Gresik ini yang terdapat tempat ibadat warga Tionghoa yang selama ini sepi menjadi riuh. Karena puluhan pedagang membuka lapak dagangan di kawasan tersebut. 

LOMBA MEWARNAI: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama anak-anak dan orang tua peserta mewarnai di Festival Kampung Pecinan pada Sabtu malam, 11 Juni 2022.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya mengatakan bahwa, melalui Festival Kampung Pecinan ini dapat membangkitkan lagi gairah ekonomi melalui UMKM di Kabupaten Gresik terutama sekitar Kampung Pecinan. 

“Adanya Festival Kampung Pecinan ini diharapkan beriringan dengan semakin tumbuhnya perekonomian di masyarakat, terutama di sektor UMKM. Kawasan ini akan menjadi destinasi wisata kuliner dengan daya tarik tersendiri, yakni dengan suguhan nuansa kota tua,”kata Gus Yani-sapaan akrab Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Ia berharap agar warga sekitar bisa menjaga kampung Pecinan yang belum lama selesai di revitalisasi dan bisa menjadi destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Gresik.

Pemerintah Kabupaten Gresik juga melakukan revitalisasi dan penataan agar kampung Pecinan ini menjadi cantik. Setelah ditata, baru diramaikan dengan kegiatan seperti malam ini. “Saya berharap masyarakat ikut menjaga dan melestarikan agar kawasan peninggalan masa lampau dengan baik,”harapnya. (yad)