Pesanggrahan Keramat “Ki Ageng” Tutup, Tempat Ritual Nyeleneh Manusia Menikahi Kambing 

GRESIK,1minute.id – Seruan Aksi Aliansi Masyarakat Desa Jogodalu “Tolak Melawan Kodrat” urung dilakukan Minggu hari ini, 12 Juni 2022. Seruan aksi tersebar melalui WhatsApp Grup. Dalam pantauan 1minute.id hingga pukul 14.00 WIB tidak ada tanda-tanda massa. Suasana Balai Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik yang rencananya menjadi titik kumpul massa pun lengang.

Sementara itu, Pesanggrahan juga sepi. Gerbang Pesanggrahan milik Nur Hudi Didin Ariyanto tertutup rapat. Selembar terpal warna kuning dibentangkan menutupi pelakat Pesanggrahan. Terpal bertuliskan kata “Ditutup…”. Ketika wartawan 1minute.id mencoba melongok bagian dalam Pesanggrahan dari pagar tembok setinggi 2 meteran itu tidak terlihat ada aktivitas di dalamnya. Kondisi itu bertolak belakang pada Minggu, 6 Juni 2022. 

LENGANG : Suasana Pesanggrahan Keramat di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik sepi pada Minggu, 12 Juni 2022 ( Foto: Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Pesanggrahan riuh karena ada hajatan ngunduh mantu, manusia nikahi kambing. Hajatan nyeleneh hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik mengeluarkan fatwa pernikahan manusia dengan kambing adalah penistaan agama. Empat orang yang terlibat dalam perkawinan manusia dengan kambing betina bernama Sri Rahayu binti Bejo itu dinyatakan murtad. Mereka pun harus taubat dengan mengucap syahadat di depan para tokoh agama.

Diduga sejak Fatwa MUI Gresik menyatakan perkawinan manusia dengan kambing adalah penistaan agama, pemilik Pesanggrahan Keramat “Ki Ageng” memilih untuk menutup Pesanggrahan itu. 

Kapolsek Benjeng Akp Tulus membenarkan bahwa Pesanggrahan Kramat “Ki Ageng” di Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng sudah dalam keadaan tertutup ditinggal pemiliknya.

” Pesanggerahan di tutup sendiri. Anggota kami dan warga mengecek kerumahnya, bahwa rumah sudah tertutup tidak ada penghuninya,”kata AKP Tulus kepada wartawan.

Seperti diberitakan,  MUI Gresik menyatakan ritual nyeleneh manusia menikahi kambing adalah penistaan agama. Empat orang yang terlibat bertaubat dan mengucapkan syahadat.  Empat itu ada pemilik Pesanggrahan Nur Hudi Didin Ariyanto, mempelai pria Syaiful Arif, penghulu atau yang memimpin prosesi pernikahan Kresna, dan pembuatan konten kreatif Arif Syaifullah. (yad)