Salat Subuh, Istigotsah Dulu, Bupati Gresik Melepas 446 CJH ke Asrama Haji Sukolilo 

GRESIK,1minute.id– Sebanyak 446 calon jamaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) 31 diberangkatkan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Minggu, 26 Juni 2022. Keberangkatan kloter 31 menjadi penghujung calon tamu Allah SWT asal Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. Sebanyak 1.051 CJH. Mereka tergabung dalam tujuh kloter. 

Rangkaian kegiatan dimulai menjelang Subuh. CJH datang diantar keluarga mereka ke kantor Bupati Gresik di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas. Mereka kemudian salat Subuh berjamaah dan istigotsah di Masjid Al Inabah Kompleks Kantor Bupati Gresik. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menegaskan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kebulatan tekad. Mulai dari berangkat, meninggalkan keluarga di rumah harus yakin. Yakin sebagai tamu Allah. “Kebulatan tekad ini tidak hanya berhenti dalam hal meninggalkan keluarga tercinta di rumah, melainkan juga dalam hal untuk meninggalkan segala tingkah laku yang tidak baik,”terang Fandi Akhmad Yani. 

Bupati Yani juga mengatakan bahwa Ibadah haji juga merupakan ibadah yang tidak memandang status, semuanya setara dan sama-sama memakai pakaian dan berada di tempat yang sama. Diingatkan kembali bahwa nanti ketika sudah berada di tanah suci, jamaah pasti akan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang. Oleh karenanya, sudah sewajarnya jamaah untuk selalu berhati-hati dan disiplin menjaga kesehatan dirinya.

“Kedisplinan harus muncul dari diri sendiri, ikutilah para pembimbing dan pendamping panjenengan. Saya berdoa, semoga panjenengan selalu dimudahkan oleh Allah SWT, mendapat ridha dan kembali ke tanah air sehat tanpa kurang satu apapun serta mendapat predikat haji yang mabrur,”pesannya.

Suasana menjadi penuh haru ketika jamaah berpamitan dengan keluarga dan Bupati Yani bersama jajaran Forkopimda untuk kemudian naik bus menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Data Kementerian Agama (Kemenag) Gresik,  sebanyak 1.051 CJH asal Gresik yang berangkat haji tahun ini, 2022 Masehi atau 1443 Hijriah. Terdiri dari 502 jamaah laki laki dan 549 jamaah perempuan. Jamaah termuda berusia 21 tahun dan yang tertua berusia 64 tahun, keduanya  berasal dari Kecamatan Manyar. Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah juga merupakan salah satu jamaah calon haji tahun ini, yang juga masuk pada kloter 31. (yad)