Percepatan Administrasi Legalitas Ponpes, Bupati Gresik dan RMI NU Sinergi dengan Kemenag dan BPN Gresik

GRESIK,1minute.id – Sebanyak 170 pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) berkumpul di Ruang Putri Mijil Kompleks Rumah Dinas Bupati Gresik pada Selasa, 28 Juni 2022. Ada apa? 

Ratusan pengurus ponpes di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik itu menghadiri acara sosialisasi percepatan pengurus izin Ponpes. Administrasi legalitas ponpes. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menginisiasi percepatan administrasi legalitas ratusan ponpes. 

Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi pengurus Rabitha Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Gresik berkolaborasi dan menjalin sinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Gresik dan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik. Sosialisasi yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Gresik Achmad Washil Miftachul Rachman dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik A.M. Reza Pahlevi berakhir pukul 17.00. Menjelang Maghrib. 

Bupati Fandi Akhmad Yani mengatakan, kehadiran pengurus Ponpes se-Kabupaten Gresik untuk sosialisasi tahap awal terkait administrasi legalitas pondok pesantren (Ponpes). “Kami bersama RMI NU Gresik menginisiasi, sinergitas antarlembaga,”kata Fandi Akhmad Yani yang genap berusia 37 tahun pada Selasa, 28 Juni 2022 ini.

Lembaga yang terlibat adalah Kementerian Agama (Kemenag)  Gresik,  Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Gresik dan Pemkab Gresik. “Kami bersama-sama, berkolaborasi dengan tujuan penertiban perizinan di Ponpes,”kata mantan Ketua DPRD Gresik itu. 

Ia mencontohkan, BPN terkait dengan yayasan wakaf. “Wakaf yang menjadi aset yayasan. Ini kita selesaikan,”katanya. Kemudian, Kemenag ada terkait surat izin operasi ponpes.  “Dan di pemerintah daerah terkait dengan NIB (nomor izin berusaha) sampai izin mendirikan bangunan pondok pesantren,”terangnya. 

Untuk percepatan proses administrasi legalitas itu, imbuhnya, Pemkab, Kemenag,  BPN Gresik duduk bersama untuk memberikan ruang kepada ponpes dalam proses pengurusan administrasi legalitas ponpes. (yad)