Pemkab Gresik Luncurkan Aplikasi Silopinter untuk Memudahkan Masyarakat Ngurus Administrasi Pertanahan 

GRESIK,1minute.id – Pelayanan administrasi pertanahan kini semakin mudah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik telah melaunching aplikasi sistem informasi layanan online pajak terintegrasi (Silopinter). Aplikasi anyar dilaunching oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di AstonInn Gresik pada Senin, 1 Agustus 2022.

Aplikasi Silopinter ini menyandingkan dua aplikasi sebelumnya yakni biaya perolehan hak atas tanah dan atau bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Sehingga, secara otomatis setelah pengurusan BPHTB, data SPPT PBB akan berubah menyesuaikan nama dalam pengajuan BPHTB. Pada akhirnya sertifikat dan SPPT PBB dapat sesuai dengan pemohonnya.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama dan partisipasi dari ikatan pejabat pembuat akta tanah (PPAT)  Gresik yang telah memberikan sumbangsih terbaiknya untuk menghadirkan percepatan pembangunan menuju Gresik baru.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergitas serta sumbangsih PPAT dan Pemerintah Kabupaten Gresik selama ini,”kata Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dihadapan puluhan Notaris/ PPAT pada Senin, 1 Agustus 2022.

Melalui aplikasi Silopinter itu, imbuhnya, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat pada umumnya dan PPAT pada khususnya. “Saya harap apilkasi ini segera disosialisasikan dan diterapkan dengan sungguh-sungguh demi percepatan dan kemudahan akses pelayanan pengurusan pajak daerah kepada masyarakat serta akselerasi pendapatan asli daerah Kabupaten Gresik,”harapnya. (yad)