Pabrik Pengolahan Kayu Palet Ludes Terbakar, Diduga Korsleting 

GRESIK,1minute.id – CV Nur Ratna, pabrik pengolahan kayu palet terbakar pagi tadi, Selasa, 2 Agustus 2022. Kebakaran hebat diduga akibat korsleting itu meluluhlantakan hampir seluruh bangunan pabrik berlokasi di Dusun Bunut, Desa Randegansari, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Bangunan pabrik dengan konstruksi baja dan atap seng itu runtuh. 

Hingga berita ini ditulis pukul 11.50 WIB petugas pemadam kebakaran masih melakukan pembasahan. Kebakaran terjadi mulai pukul 05.00 WIB. 

Informasi yang dihimpun sekitar pukul 05.00 WIB Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Gresik mendapatkan laporan dari Ny. Ratna. Petugas Posko Damkar unit Driyorejo tiba lokasi sekitar pukul 05.30 WIB.

Lidah api sudah membara. Petugas Damkar Gresik dibantu dari Damkar Wiyung, Surabaya dan dua unit damkar dari perusahaan sekitar lokasi kebakaran bisa menguasai amuk si jago merah sehingga tidak menjalar ke rumah warga setempat. Total ada 8 unit Damkar yang melakukan pemadaman. 

AMBRUK : Bangunan pabrik CV Nur Ratna di Desa Randegansari, Kecamatan Driyorejo, Gresik yang ludes terbakar pada Selasa, 2 Agustus 2022 ( Foto : Damkar Gresik for 1minute.id)

Petugas Damkar sempat kesulitan untuk memadamkan amuk si jago merah karena kesulitan mendapatkan suplai air. Lidah api menghanguskan bangunan pabrik, mesin pengolahan kayu dan satu unit truk yang terjabak kobaran api. 

Namun, bahu membahu petugas dengan warga setempat untuk mendapatkan air dari waduk Randegansari. Ketika api membara, pabrik pengolahan kayu pallet sedang tidak berproduksi. “Tidak ada korban dalam kejadian ini,”kata Kepala Dinas Damkar Gresik Agustin Halomoan Sinaga pada Selasa, 2 Agustus 2022. 

Sinaga menduga kebakaran kali kedua kurun waktu setahun terakhir di pabrik pengolahan kayu pallet itu akibat korsleting. “Tapi, itu dugaan awal. Nanti, petugas dari kepolisian yang memastikan penyebab kebakarannya,”imbuh mantan Kepala Dinas Perhubungan Gresik itu. 

Data Dinas Damkar dan Penyelamatan Gresik dalam bulan Agustus 2022 terdapat 4 kebakaran dan 3 kejadian rescue.  Sinaga meminta kepada masyarakat dan pemimpin perusahaan untuk melakukan pengecekan secara berkala instalasi listrik. “Karena saat ini sedang musim kemarau,”katanya.  (yad)