Bupati Gresik : Pelebaran Jalan Raya Deandles,  Pemkab Tidak Sekadar Menggusur, Juga Menyediakan Tempat Relokasi 

PUJASERA: Maket pujasera sebagai tempat relokasi bagi pemilik stan yang terimbas proyek pelebaran jalan Raya Manyar (Foto : Istimewa for 1minute.id)

GRESIK,1minute.id – Formula Pertama turun gunung membantu Pemkab Gresik melakukan pembangunan pujasera. Pujasera tempat relokasi stan yang bakal terimbas proyek pelebaran jalan deandles di pantai utara (Pantura) Gresik. Proyek pelebaran jalan nasional sepanjang 3,5 kilometer dimulai dari exit tol Manyar itu akan dikerjakan pada awal 2023. 

Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk proyek lebaran jalan nasional yang masuk proyek strategis nasional (PSN) itu.

Kepastian Forum Komunikasi Lingkungan Hidup Perusahaan-perusahaan di Sekitar Kecamatan Manyar (Formula Pertama) untuk membangun 68 stan sebagai tempat relokasi itu terungkap dalam pertemuan di Ruang Putri Mijil Komplek Pendapa Rumah Dinas Bupati Gresik di Alun-alun Jalan KH Wachid Hasyim, Gresik pada Senin, 1 Agustus 2022.

Pertemuan itu dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Pembangunan pujasera ini menjadi krusial karena proyek pelebaran jalan Deandles itu rencananya dimulai pada Januari 2023. Proses tender proyek pelebaran jalan itu diperkirakan dimulai November 2022. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur sebagai pelaksana proyek itu.

“Kami dari pemerintah daerah ingin memberikan solusi kepada masyarakat sekitar yang lahannya kena pelebaran jalan, jadi tidak hanya sekadar menggusur tetapi kami sediakan adanya relokasi dengan mekanisme keterlibatan bersama,”ujar Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani. 

Melihat maket pujasera sebagai tempat relokasi pemilik stan yang terimbas proyek pelebaran jalan Raya Manyar itu futuristik. Pujasera itu berada di dekat lapangan sepak bola di Desa ManyarSidomukti, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.  Lokasi dekat jalan nasional di pantai utara (Pantura) Gresik itu. Pujasera itu akan dilengkapi sarana penunjang seperti taman dan fasilitas umum dengan lahan parkir luas, musala, serta arena permainan anak. 

Camat Manyar Zainul Arifin mengatakan, pembangunan pujasera itu dibiayai secara gotong royong oleh perusahaan yang berada di Kecamatan Manyar. “Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Formula Pertama,”kata Camat Zainul pada Selasa, 2 Agustus 2022. Saat ini, imbuhnya, pekerjaan pembangunan sudah mulai dilakukan. “Progresnya sudah 10 persen,”kata mantan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kebomas, Gresik itu. 

Untuk pembangunan pujasera serta kelengkapan lainnya, tambahnya, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 2,5 miliar. “Biaya pembangunan urunan anggota Formula Pertama,”tegasnya.

Seperti diberitakan pelebaran jalan Raya Manyar panjangnya sekitar 3,5 kilometer. Pemkab memiliki ruang milik jalan (rumija) sepanjang 3,1 kilometer dari kebutuhan 3,5 kilometer. Sehingga dibutuhkan pembebasan lahan. Pelebaran di mulai exit Tol Manyar hingga Jembatan Manyar. Untuk tahap awal, pelebaran jalan Raya Manyar sepanjang 1 kilometer. Estimasi pekerjaannya membutuhkan waktu 7-8 bulan. Sisanya, 2,5 kilometer akan dilanjutkan tahun berikutnya.

Anggaran sekitar Rp 15 miliar. Lebar jalan nantinya menjadi 22 meter dan 4 lajur. Median jalan lebarnya 3 meter. (yad)