Desa Gredek, Kampung Zakat Produktif, Percontohan di Kota Santri 

GRESIK,1minute.id – Kampung Zakat Produktif berdiri di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik pada Selasa, 18 Oktober 2022. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang meresmikan kampung zakat produktif kali pertama di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik itu.

Menandai  beroperasi kampung zakat produktif itu, orang nomor satu di Kabupaten Gresik itu menyerahkan bantuan kepada 31 warga yang kurang mampu secara ekonomi di desa itu. Bantuan berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik itu bentuknya bervariasi. Ada modal usaha, rombong, etalase dan bedah usaha (renovasi tempat usaha).

Stimulus itu, diharapkan para penerima bantuan bisa mengambangkan usaha dan mengentas kemiskinan di desa dibawah komando Muhammad Bahrul Ghofar itu.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengungkapkan, penyaluran bantuan berupa modal usaha tersebut bersumber dari pengumpulan zakat yang dihimpun oleh Baznas Gresik. Sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat agar terus produktif. “Program Baznas ini sangat luar biasa. Sebab mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Dan hari ini telah disalurkan hasil pengumpulan zakat kepada masyarakat desa Gredek,”kata Gus Yani-Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad. 

Mantan Ketua DPRD Gresik itu memberikan apresiasi sekaligus menetapkan Desa Gredek sebagai pilot project Kampung Zakat Produktif. Diketahui bahwa di Desa Gredek melalui Ketua Tim Penggerak PKK mengkoordinir Muzakki di desanya untuk mengumpulkan zakat. Dan ini sudah dua tahun berjalan.

“Program yang dijalankan di Desa Gredek ini juga sangat layak di apresiasi. Sebab mampu mengkoordinir warganya sendiri untuk mengumpulkan zakat. Dan zakat tersebut dipakai untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sehingga sangat dirasakan manfaatnya,”kata Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya ini.

Dalam soft launching Kampung Zakat Produktif ada pemandangan beda. Kondisi jalan desa yang mulus membuat sejumlah anak disana membentangkan poster ucapan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Gresik karena telah make over jakan lebih mulus. “Terimakasih pak bupati”(yad)