Tanggap Bencana, Anggota Kodim Gresik Karya Bakti Perbaiki Tanggul Desa Cermen 

GRESIK,1minute.id – Anggota Komandan Distrik Militer (Kodim) 0817/Gresik turun tangan melakukan perbaikan tanggul Desa Cermen, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik yang jebol akibat di terjang air bah aliran Kali Lamong. 

Pembenahan tanggul dilakukan dengan melakukan pemasangan batang bambu sebagai tiang yang ditancapkan dengan menggunakan ekskavator milik Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik. 

Puluhan batang bambu ditancapkan di tanggul yang jebol sepanjang 32 meter itu. Setelah pemasangan tiang bambu kemudian dilapisi anyaman bambu (Gedhek)  serta terpal untung pelindung agar urukan tanah tidak gampang hilang tergerus air bah kiriman dari hulu Kali Lamong itu.

Kini, tanggul anak Kali Lamong yang jebol pada Senin lalu, 25 Oktober 2022 telah diperbaiki kolaborasi, sinergitas pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Anggota Kodim 0817/Gresik yang dibawah komando Kapt Inf Zainudin Bisma, Danramil Kedamean dan masyarakat setempat terdampak luapan Kali Lamong itu. 

Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar mengatakan, pihak telah menginstruksikan anggota TNI sebagai garda terdepan ketika ada bencana. Saat itu juga langsung cepat bertindak di desa yang terdampak

“Begitu kami menerima informasi air Kali Lamong sudah mulai rata dengan tanggul, kami sudah intruksikan agar para anggota untuk siaga, begitu ada laporan tanggul jebol di Desa Cerme, Kami langsung perintahkan anggota untuk bantu evakuasi warga, dan juga membantu membenahi tanggul jebol,”kata Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar kepada wartawan pada Rabu, 26 Oktober 2022.

TANGGAP BENCANA: Prajurit TNI dari Kodim 0817/Gresik membantu perbaikan tanggul di Desa Cermen, Kecamatan Kedamean,Kabupaten Gresik yang jebol akibat di terjang air bah luapan Kali Lamong ( Foto: Kodim Gresik for 1minute.id)

Terpisah, Danramil Kedamean Kapt.Inf Zainudin Bisma mengatakan pihaknya selain membantu melakukan perbaikan tanggul juga membantu proses evakuasi warga yang terdampak luapan Kali Lamong. “Kami juga membantu proses distribusi bantuan kepada warga terdampak,”kata Zainudin pada Rabu, 26 Oktober 2022. Kondisi genangan air, kata Zainudin mulai surut. 

Sekitar pukul 12.30 WIB ketinggian air tersisa setinggi 10 centimeter. Warga Desa Cermen yang sempat mengungsi di tenda-tenda berangsur balik ke rumah masing-masing. Mereka balik untuk melakukan bersih-bersih setelah rumahnya tergenangi air pada Senin, 24 Oktober 2022. “Anggota kami juga turut membantu bersih-bersih rumah warga,”imbuhnya.  

Meski kondisi air sudah surut, pihaknya bersama anggota tetap bersiaga antisipasi banjir susulan. “Semoga tidak terjadi banjir lagi,”harapnya. Seperti diberitakan, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani langsung terjun ke Desa Cermen untuk melihat kondisi tanggul Desa yang jebol. Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani mengerahkan satu unit ekskavator milik DPUTR Gresik untuk melakukan perbaikan membutuhkan waktu sehari.

Pada Selasa, 25 Oktober 2022, perbaikan sementara tanggul anak Kali Lamong yang jebol sudah kelar. Kondisi perkampungan yang lebih rendah dari tanggul, DPUTR Gresik melakukan penyedotan air menggunakan mesin pompa. Air pun semakin surut. (yad)