8 Rumah dan Jalan Desa Rusak Akibat Tanah Longsor di Bawean, TNI dan Polri bersama Warga Bersihkan Material 

GRESIK,1minute.id – Bencana tanah longsor kembali menilpah warga Pulau Bawean. Tepatnya, warga Dusun Serambsh, Desa Kebuntelukdalam, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Sebanyak delapan rumah rusak akibat tanah longsor tersebut.Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Hujan deras dengan intensitas tinggi melanda Pulau Putri-sebutan lain-Pulau Bawean sepekan terakhir ini. Hujan itu, mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Desa Kebuhtelukdalam, diantaranya. Jalan desa pin terputus. Puluhan warga bersama anggota TNI dan Polri melakukan gotong royong untuk memperbaiki rumah dan jalan desa yang rusak itu pada Minggu, 29 Januari 2023.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kapolsek Sangkapura AKP Sujai mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat. Karena Polri hadir ditengah masyarakat tidak hanya penegak hukum, tetapi juga dalam bentuk sosial sehingga memberikan manfaat dimanapun bertugas.

“Kami hadir untuk melakukan pendataan sekaligus membantu masyarakat melakukan evakuasi material longsor. Selain itu juga melakukan koordinasi penanganan selanjutnya,” katanya pada Minggu, 29 Januari 2023.

Sujai menambahkan, bencana alam tanah longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa. “Akses jalan meskipun masih dalam tahapan evakuasi tetap bisa dilalui. masyarakat bersama instansi terkait masih terus melakukan evakuasi material yang menutupi sebagian akses jalan desa,” kata perwira tiga balok di pundak itu.

Ia menghimbau kepada warga agar tetap selalu waspada terhadap bahaya bencana alam. Mengingat ini masih musim penghujan.Selesai kegiatan Kapolsek dan Forkopimcam memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena dampak tanah longsor. “Semoga bermanfaat,” kata Sujai. (yad)