Pemakaian Plastik Diperkirakan Meningkat Selama Ramadan, Bupati Gresik Ajak Warga Gunakan Wadah Ramah Lingkungan 

GRESIK,1minute.id – Pemerintah melalui Kementeri Agama menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijrah jatuh pada Kamis besok, 23 Maret 2023. Datangnya bulan suci yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim itu disambut sukacita. Pun, di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengajak  seluruh warga Gresik mengisi kegiatan selama Ramadan ini dengan meningkatkan amal ibadah. “Kerja tetap bersemangat, tarawih, tadarus,” ujar Gus Yani-sapaan-Fandi Akhmad Yani usai mengikuti Rukyatul hilal awal Ramadan bersama tim Rukyat dari Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Gresik di Bukit Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik pada Rabu, 22 Maret 2023.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik tidak melarang warga untuk melakukan sahur on the road, buka puasa bersama maupun bagi-bagi takjil. Karena kaum muslimin sangat berbahagia ketika bulan Ramadan. “Cuma kami mengajak kepada masyarakat terkait konsumsi selama Ramadan ini akan meningkat. Otomatis jumlah plastik ini harus difikirkan. Sampah plastiknya,” katanya. 

Untuk mengurangi sampah plastik, Gus Yani mengajak warga Gresik mengganti bungkus plastik dengan bahan yang ramah lingkungan. “Bungkusnya bisa memakai kertas atau bahan lain yang ramah lingkungan,” ujarnya. Pemkab Gresik telah berkomitmen untuk mengurangi pemakaian sampah plastik. (yad)