Wakil Bupati Gresik Ajak Ansor Promosikan Wisata Religi Kanjeng Sepuh dan Kota Tua Sidayu

GRESIK,1minute.id – Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Gresik Abdul Rokhim melantik Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sidayu pada Ahad, 25 Juni 2023.

Pelantikan PAC Ansor Sidayu masa khidmat 2023-2025 dibawah komando Ikhsan Minarso ini dipusatkan di Aula Soerjodiningrat UPT SMP Negeri 6 Gresik. Tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Anggota DPRD Gresik Mustajab, Bendahara Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Jatim Muhammad Muslih Muandar, Rais Syuriah MWCNU Sidayu KH Ma’ruf, pengurus IPNU, IPPNU, dan Fatayat.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam sambutannya mengucapkan, selamat kepada pengurus GP Ansor Sidayu yang telah dilantik bisa melaksanakan amanah dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. Serta mampu mengemban amanat organisasi dengan sebaik mungkin, demi kemajuan GP Ansor Kecamatan Sidayu.

“Kecamatan Sidayu meninggalkan bukti-bukti sejarah kebesaran sebagai bekas sebuah Kadipaten. “ungkap Bu Min sapaan akrab wabup.

Menurut Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah, Sidayu merupakan Kota tua, jejak sejarah Kabupaten Gresik tertapak jelas di bekas Kadipaten Sedayu yang kini menjadi Kecamatan Sidayu. Berbagai peninggalan masih membekas sebagai ikon sebuah kadipaten di zaman penjajahan Belanda.

“Meski hanya sebuah kecamatan, Sidayu memiliki alun-alun yang cukup luas dan bangunan-bangunan tua yang cukup megah. Sidayu dulu merupakan kota tua yang pernah jaya,” terang wabup perempuan berlatar pendidik itu. 

Ia mengajak kepada pengurus GP Ansor Sidayu yang baru untuk menjalankan roda organisasi peran Ansor juga harus mengenalkan Sidayu ini sebagai tujuan wisata religi selain Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim.

“Wilayah Sidayu merupakan peninggalan budaya dan sejarah dari Kanjeng Sepuh yang juga menjadi rujukan sejarah Kabupaten Gresik,” pungkasnya. 

Di tempat sama, Ketua PC GP Ansor Gresik Abdul Rokhim mengajak para pengurus yang baru dilantik untuk segera tancap gas untuk membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat di Kota Santri-sebutan lain-Kabupaten Gresik ini. Sesuai dengan tema “Transformasi Kepemimpinan Menuju Tatanan Organisasi yang Mandiri dan Bermanfaat”.

“Mari bergerak bersama mewujudkan visi misi GP Ansor baik dari sisi kontek kepemudaan, kegamaaan dan kebangsaan,” tegas Kasdul-begitu panggilan akrab-Abdul Rokhim dalam sambutannya. 

Ia berharap, kepengurusan GP Ansor dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah, sehingga kontribusi yang diberikan diharapkan dapat mendukung kemajuan daerah untuk kesejahteraan masyarakat. “Tantangan kita saat ini dan kedepan luar biasa, terus bersinergi dengan pemerintah, aparat, serta sowan ke para kiai dan ulama untuk meminta saran masukan dan doa agar kita tidak salah melangkah, “tuturnya.

Ia juga mengingatkan pada saat ini sedang digalakkan secara serntak nasional dalam rangka aktivasi kartu tanda anggota (KTA) Ansor. “Saya berharap kepengurusan KTA GP Ansor terus digenjot. Mari memaksimalkan dalam pendataan anggota ini sejalan dengan arahan Pimpinan Pusat Ansor,” tandasnya. (yad)