Jalan Desa Setro-Pengalangan, Menganti Mulus, Aktivitas Ekonomi Warga Menggeliat 

GRESIK,1minute.id – Proyek infrastruktur jalan terus dikebut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Tahun ini, Pemkab Gresik  menggelontorkan anggaran ratusan miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Gresik ini. 

Perbaikan jalan yang ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik ini ada jalan utama maupun jalur penghubung antarwilayah. Jalur ekonomi yang diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama sektor pertanian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Perbaikan infrastruktur jalan yang mendapatkan respon positif warga, antara lain, ruas Jalan Desa Setro menghubungkan Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Tahap pertama pembangunan sepanjang 750 meter. Konstruksi badan jalan aspal. Mulus! “Satu bulan lalu memang rusak berat, tapi saat ini sudah selesai diperbaiki,” ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pada Selasa, 25 Juli 2023. 

Fandi Akhmad Yani mengatakan bahwa perbaikan jalan ini untuk menunjang aktivitas warga yang setiap hari melintas di jalan tersebut. “Kita lihat jalan poros ini dikelilingi oleh sektor pertanian. Dengan kondisi jalan yang rusak, maka berdampak pula pada perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, kami berupaya agar aktivitas masyarakat tidak terganggu sehingga mampu memulihkan ekonomi masyarakat,” ujar Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

SEMRINGAH: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berdialog dengan pengguna jalan saat sidak perbaikan Jalan poros Desa Setro-Pengalangan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik pada Selasa, 25 Juli 2023 ( Foto: Prokopim Gresik for 1minute.id)

Selain sektor pertanian, perbaikan jalan di Desa Setro ini membawa multiplayer effect di sektor lainnya. Antara lain, bidan pendidikan dan distribusi barang dan jasa, dan perekonomian UMKM. “Alhamdulillah banyak masyarakat yang diuntungkan karena jalan yang dilewati sudah mulus dan tak rusak lagi. Kami harap masyarakat untuk ikut serta menjaga kondisi jalan agar tidak rusak lagi,” harap Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Tahun ini, pembangunan dan perbaikan infrastruktur menjadi konsentrasi duet Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah. Wabil khusus jalan. “Kami terus perbaiki kondisi jalan yang menghuhungkan antarwilayah, sesuai dengan RPJMD Pemerintah Kabupaten Gresik yakni Gresik Mapan,” pungkasnya.

Bagaimana reaksi masyarakat? Syahidun, misalnya. Petani Desa Setro mengaku senang lantaran jalan yang dilaluinya setiap hari kini diperbaiki oleh pemerintah. “Saya mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada pak bupati yang telah memperbaiki jalan kami. Semoga dengan perbaikan jalan ini akan semakin menambah manfaat bagi masyarakat, bukan hanya petani saja. Namun masyarakat-masyarakat lainnya yang melintas di jalan ini setiap harinya,” ucap Syahidun.

Sedangkan, Hengki sekali tiga uang dengan Syahidun. Penjual tahu keliling asal Desa Ambeng-ambengwatangrejo, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik senang karena Jalan Poros Desa Setro dengan Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti mulus. Hampir setiap hari Hengki melewati jalan tersebut dengan mengendarai motor Honda Supranya. 

Bila sebelum diperbaiki ia harus menempuh waktu cukup lama, 15 menit karena laju motor mencari jalan tidak berlubang agar ronjot plastik tempat Tahu tidak terjatuh. “Alhamdulillah, sekarang sudah diperbaiki. Matur suwun pak Bupati (Fandi Akhmad Yani, Red),” katanya. (yad)