Taman Keluarga dan Pusat Kuliner UMKM, Laban Central Park Resmi Dilaunching 

GRESIK,1minute.id – Laban Central Park resmi beroperasi. Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang melaunching pusat permainan anak alias tanam keluarga dan kuliner di Desa Laban, Kecamatan Menganti pada Ahad, 10 September 2023.

Wabup Aminatun Habibah berharap taman keluarga dan pusat UMKM  menjadi tombak peningkatan ekonomi warga sekitar khususnya di Desa Laban. “Kita lihat UMKM disini sangat aktif mulai pagi hingga malam. Maka saya harapkan ini menjadi motivasi dalam memberdayakan sumber daya manusianya,” harap Bu Min-sapaan karib-Aminatun Habibah ini. Tampak hadir dalam launching Laban Central Park ini adalah Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik Abu Hassan dan lainnya. 

Ia menghimbau Pemerintah Desa Laban, agar UMKM yang berjualan dikhususkan hanya untuk warga Desa Laban. Hal ini penting agar perputaran ekonomi dapat terpusat untuk warga Laban.

Perwakilan Kepala Dinas PMD Jawa Timur Fajar Hiendriarto Iriadi menambahkan, peluncuran ini merupakan hasil dari program Desa Berdaya yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal ini berdampak pada meningkatnya status Gresik menjadi salah satu kabupaten bebas desa berkembang.

“Tahun 2023 jumlah desa mandiri di Jatim tertinggi nasional, yaitu 2.800 Desa Mandiri. Di Gresik sendiri ada 222 Desa Mandiri dan 108 Desa Maju,” terang Fajar. Program Desa Berdaya telah dilakukan oleh tiga desa di Gresik yakni Desa Laban, Kecamatan Menganti ;  Desa Sidorukun, Kecamatan Gresik, dan Desa Pelemwatu, Kecamatan Menganti. (yad)