Ijtima Sanawi dan Penganugrahan, Bupati Gresik : Wujudkan Cita-cita MUI Gresik sebagai Public Service 

GRESIK,1minute.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik menggelar Ijtima Sanawi dan Penganugrahan di Aula MUI Gresik pada Kamis, 1 Februari 2024. Acara yang dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ketua DPRD Gresik Moch Abdul Qodir, Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq serta para ketua MUI Kecamatan se-Kabupaten Gresik inu mengusung tema “Maju Bersama Menuju Pengelolaan Manajemen MUI Inovatif”.

Ijtima Sanawi adalah forum pertemuan tahunan untuk menyosialisasikan fatwa MUI kepada Dewan Pengurus Syariah ini bertujuan mewujudkan aspirasi umat Islam mengenai masalah perekonomian. Penganugerahan kepada MUI Kecamatan ini, merupakan suatu wujud keberhasilan MUI Gresik yang dipenghujung tahun lalu menorehkan juara umum program akreditasi MUI se-Jawa Timur.

Bupati Gresik Fandi Akhmad menyatakan , bahwa Ijtima Sanawi menjadi forum temu penting untuk menjalin harmonisasi antarstakeholder. Apalagi dengan era sosial budaya yang berkembang pesat seperti saat ini. “Transformasi sosial budaya saat ini begitu masif, terutama di media sosial ditambah dengan isu-isu yang ada, maka MUI kecamatan menjadi lembaga yang sangat penting dan menjalin harmonisasi dalam kecamatan,” ujarnya.

Disisi lain, Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani memberikan apresiasi kepada MUI Gresik yang terus melakukan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga memjadi juara umum program akreditasi MUI se-Jawa Timur. Prestasi yang didapakan MUI ini menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Gresik yang benar benar progresif.

“Prestasi tersebut juga merupakan hasil dari program-program yang visioner dan perencanaan yang begitu jelas. Sehingga besar harapannya akan memberikan dampak kepada masyarakat Kabupaten Gresik,” kata Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Kepada para penerima anugerah MUI kecamatan terbaik, Bupati Yani berharap seluruh kecamatan pemenang bisa menjadi inspirasi bagi kecamatan-kecamatan lain. “Dengan begitu, cita-cita MUI sebagai public service masyarakat kabupaten Gresik dalam sektor masing-masing,” ujar Bupati Yani.

Capaian prestasi MUI ini juga dianggap sebagai menjadi suatu bentuk semangat bersama oleh Ketua MUI Gresik KH. Mansoer Shodiq. Menurutnya, prestasi tersebut adalah momentum bersama dalam majunya MUI baik tingkat kabupaten maupun kecamatan.

“Lewat penganugerahan ini, adalah menjadi program asesmen penguatan lembaga MUI kecamatan se-Kabupaten Gresik. Ini untuk melihat perkembangan dan kemajuan kelembagaan MUI kecamatan dalam rangka pembinaan organisasi,”terangnya. (yad)