Gempa Guncang Gresik, Graha Petrokimia Gresik Retak

GRESIK,1minute.id – Sejumlah bangunan rumah dan gedung dilaporkan rusak akibat gempa yang melanda Kabupaten Gresik. Gempa terjadi tiga kali. Gempa kali ketiga sekitar pukul 15.52 WIB terasa lebih kuat. “Ini lebih lama dan besar dibandingkan sebelum salat Jumat tadi,” ujar Rochmad, warga Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik.

Lelaki berusia 30 tahun terlihat masih syok. Dia berdiri di halaman depan ruang paktik drg Henny. Ruang praktik itu berlantai tiga. Semua orang semburat keluar. “Gempa…gempa…,” teriaknya.

Kondisi nyaris sama.juga terjadi di gedung utama PT Petrokimia Gresik. Guncangan yang cukup keras dan waktu lebih kuran 2 menit itu membuat para karyawan panik. Meski terlihat panik, mereka masih bisa mengendalikan diri tidak berdesakan ketika menuruni tangga darurat kemudian berkumpul di titik kumpul halaman GOR Tridharma Petrokimia Gresik. 

Dalam pengamatan 1minute.id , pintu masuk ke gedung utama Petrokimia Gresik di tutup untuk sementara waktu. Petugas memasang pita warna merah kombinasi hitam. Tampak satu unit mobil pemadam kebakaran disiagakan di sekitar gedung tersebut. Sementara itu, bangunan gedung terlihat retak. Terdapat sebuah mirip garis verikal. Memanjang dari bawah ke atas. Dan, retakan itu juga terlihat di bagian belakang gedung berada di Jalan A. Yani Gresik itu.

TITIK KUMPUL: Pegawai yang berkantor di Graha Petrokimia Gresik berkumpul di halaman GOR Tridharma Petrokimia Gresik saat gempa menguncang Gresik pada Jumat sore, 22 Maret 2024 (Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

VP Corporate Communication Petrokimia Gresik Rama Yusron Harbiansyah mengatakan Perihal gedung graha yg terdapat retakan ada kemungkinan gempa bisa menjadi penyebab, namun kami masih melakukan investigasi lebih lanjut. “Sedangkan, terkait fasilitas pabrik sampai saat ini dalam kondisi aman,” katanya melalui pesan Whatsapp pada Jumat, 22 Maret 2024.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gresik F.X Driatmiko Herlambang mengatakan terkait lindu susulan pada sore hari belum mendapatkan laporan terjadi kerusakan bangunan dan lainnya. “Gempa yang pertama ada beberapa bangunan yang.di Pulau Bawean yang rusak. Masih kali lakukan pendataan,” kata Miko-panggilan-F.X Driatmiko Herlambang. 

Kerusakan terparah di Pulau Bawean karena pusat gempa hanya berjarak 10 kilometer dari Pulau Bawean. Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gempa 6,5 magnitudo. Lok 5.76 LS 112.33 BT (130 km timur laut Tuban-Jatim.) Kedalaman 10 km. (yad)