Lonjakan Covid Perlu Ditekan Bersama, Pemerintah Maksimalkan Pelayanan, Masyarakat Patuhi Prokes

GRESIK,1minute.id – Pemerintah kabupaten Gresik menaikkan kapasitas layanan medis. Menjamin pasokan oksigen, obat dan sembako untuk masyarakat. Lonjakan ini perlu ditekan bersama.

Masa Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat memasuki pekan kedua pada Sabtu lusa. Pemerintah Gresik (Pemkab) bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forpimda) dan elemen masyarakat akan kerja ekstrakeras lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menekan angka persebaran Covid-19 di Gresik.

“Untuk masa darurat kali ini, kita tidak perlu menunggu Perbup yang akan kami susun kemudian, namun kita langsung melaksanakan aksi. Kalau tidak demikian akan semakin banyak korban,”kata Bupati Fandi Akhmad Yani dalam rakor secara daring di Ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik pada Kamis, 15 Juli 2021.

Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Wakil Bupati Aminatun Habibah, Forkopimda Gresik, Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo, Asisten I Tursilowanto Hariogi  dan Kepala Dinas Kesehatan drg Syaifudin Ghozali.

Sedangkan ratusan peserta rapat lain mengikuti melalui daring. Mereka Para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah, Kapolsek, Danramil Para pimpinan Posko Covid se-Kabupaten Gresik.

Menurut Bupati, sejak PPKM Darurat efektif berlaku mulai 3 Juli 2021, sampai saat ini jumlah masyarakat Gresik yang terpapar Covid-19 semakin tinggi. Indikatornya, Bed occupancy rate (BOR) saat ini mencapai 88,7 persen. Padahal sudah ada penambahan ratusan tempat tempat tidur.

“Kami akan meningkatkan Gelora Joko Samudro menjadi Rumah Sakit lapangan untuk perawatan pasien sedang. Hal ini untuk mengurangi beban rumah sakit rujukan Covid yang saat ini sudah penuh,”tandas Gus Yani-sapaan akrab-Fandi Akhmad Yani.

Untuk peningkatan perawatan pasien Covid di G-JOS, pihaknya telah membangun instalasi oksigen dengan menarik pipa oksigen dari pabriknya yang tidak jauh dari lokasi GJOS.

“Sudah ada kepastian dari Dinas Pekerjaan Umum, Insya Allah dalam waktu dekat instalasi oksigen ini sudah selesai. Selain itu, kami akan menambah jumlah tempat tidur yang semula hanya 140 menjadi 200 tempat tidur. Selain itu, secepatnya kami akan merekrut relawan untuk pemulasaran jenazah dan pemakaman. Praktis semua tenaga kesehatan akan optimalkan,”katanya.

POSKO SATGAS BANTUAN COVID : Lembaga Amil Zakat membentuk posko sebagai pusat koordinasi bantuan mulai sembako, obat-obatan, vitamin hingga mobil ambulans. Suasana Posko I di halaman Kecamatan Kebomas inj untuk mengcover bantuan di Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar ( Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Disisi lainnya, untuk mengurai dan efektifitas pelayanan, tambahnya, bersama delapan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Kabupaten Gresik sudah membentuk 4 posko di Gresik daratan. Posko ini akan mengkoordinasikan bantuan mulai dari sembako, obat-obatan dan vitamin serta mobil ambulans.

“Semua pasien harus melalui puskesmas sebagai ujung tombak yang kemudian akan ditidaklanjuti untuk diarahkan kemana selanjutnya pasien akan dirawat. Disinilah peran RT dan RW, para Satgas Covid desa, bidan desa untuk lebih optimal dalam menangani warga pasien Covid,”kata mantan Ketua DPRD Gresik itu.

Rakor ini, juga mengevaluasi tentang dukungan perusahaan di masa PPKM Darurat termasuk mengidentifikasi jenis perusahaan masuk kategori kritikal, esensial atau non esensial dengan pemberlakuan WFH bagi karyawannya. Untuk percepatan vaksinasi, Bupati akan mencari terobosan dengan menggandeng perusahaan yang siap untuk melaksanakan vaksinasi gotong-royong. (yad