Perusahaan Consumer Good Awali Vaksinasi Gotong Royong di Gresik, Siapa Berikutnya?


GRESIK,1minute.id – Percepatan vaksinasi tidak hanya dilakukan Pemkab Gresik. Dunia industri pun mulai melakukan vaksinasi untuk karyawannya. Diantaranya, Garuda Food di Kecamatan Driyorejo, Gresik.

Perusahaan sektor kritikal melakukan vaksinasi secara gotong-royong kepada ratusan pekerjanya pada Jumat, 16 Juli 2021. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto memantau langsung proses vaksinasi secara gotong royong kali pertama di Kota Santri ini. Mereka didampingi Kepala Dinas Kesehatan drg Syaifuddin Ghozali dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Gresik Ninik Asrukin.

Perusahaan consumer good ini membeli langsung vaksin Sinopharm dari Bio Farma.Satu dosis vaksin dibeli seharga Rp 900 ribu. Diharapkan vaksinasi kepada para karyawan secara gotong royong dapat menciptakan herd immunity di masyarakat.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan bahwa vaksinasi gotong royong perdana di Gresik, PT Garuda Food membeli vaksin di Bio Farma. Vaksin jenis Sinopharm diberikan kepada karyawan, perusahaan bekerjasama dengan Rumah Sakit Petrokimia Gresik yang ada di Driyorejo.

“Ini menjadi motivasi untuk perusahaan di kawasan industri. Disnaker akan mengambil langkah mengajak kolaborasi bersama-sama virtual dulu. Agar perusahaan mengambil langkah seperti Garuda Food,”kata Bupati Fandi Akhmad Yani pada Jumat, 16 Juli 2021.

Vaksinasi gotong royong ini salah satu bentuk ikhtiar besar dalam upaya menanggulangi wabah pandemi COVID-19. “Kedepan diharapkan vaksinasi gotong royong ini bisa dilakukan di di semua perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik,”harap Gus Yani-sapaan-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Dukungan ribuan industri bisa secepatnya mencapai herd imunity sesuai harapan Pemerintah untuk menghilangkan pandemi Covid-19 di Indonesia. Hert immunity atau kekebalan kelompok atawa kekebalan kawanan adalah suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.

Manajer Head Office PT Garuda Food Samsul Arifin menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi gotong royong ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) yang ada di wilayah Driyorejo. “Sampai Senin pekan depan kami akan menuntaskan vaksinasi kepada 560 karyawan,”kata Samsul Arifin.

Dia bertekat, sesuai keputusan pihak manajemen kami akan memvaksin seluruh karyawan. Vaksin yang digunakan dalam kegiatan vaksinasi ini adalah vaksin Sinopharm dimana vaksin tersebut dibeli sendiri oleh perusahaan dari PT. Biofarma.

“Dalam waktu dekat akan datang lagi 100 vaksin, dan akan kita gunakan terus untuk kegiatan vaksinasi karyawan,”tandas Samsul ArifinIa melanjutkan untuk mendapatkan vaksin harus memberikan data yang fix.

Seperti jika ada karyawan yang positif maka harus merubah kembali data pembelian vaksin untuk karyawan. “Bio Farma tidak akan mengirim kalau datanya tidak update. Kami sudah melakukan vaksinasi kepada 560 karyawan, total sudah 60 persen sudah divaksin,”ujarnya. Dalam kunjungan vaksinasi gotong rotong perdana ini, turut didampingi Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Kepala Dinas Kesehatan drg Saifudin Ghozali dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Ninik Asrukhin. (yad)