3 Kali, Perabot di Eks Gedung Pengadilan Negeri Gresik Terbakar 

GRESIK, 1minute.id – Perabot di gedung eks Pengadilan Negeri (PN) Gresik di Jalan Panglima Sudirman, Gresik terbakar pada Sabtu dini hari, 26 Februari 2022. Kebakaran kali ketiga kurun waktu 2021 – Februari 2022. Beruntung petugas Damkar Gresik cepat tiba di lokasi sehingga amuk si jago merah bisa cepat dikuasai. 

Penyebab terbakarnya perabot dan berkas-berkas kertas itu diduga dibakar oleh orang gila. Eks kantor PN Gresik ini suwung sejak boyongan ke kantor PN baru di Jalan Bunder Asri, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik. Tidak penjaga ketika malam hari. 

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Gresik A.H. Sinaga, pihaknya sekitar pukul 02.30 menerima laporan kebakaran tersebut.  Pelapor Achmad Fauzi, warga sekitar lokasi kejadian. Dini hari itu, Sinaga masih stand by di kantor.  Sekitar pukul 02.35 dua mobil Damkar tiba di lokasi kejadian. “Api membakar bagian dalam,”kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik itu.

“Di dalam masih ada berkas-berkas dan perabotan kursi dan meja. Ini kebakaran yang ketiga di Kantor eks PN. Yang sebelumnya pada Desember 2021,” jelasnya. Menurut informasi gedung eks PN Gresik itu suwung. Tidak ada penjaganya. Ketika malam gedung eks orang mencari keadilan itu kerap digunakan tidur oleh pengamen , anak jalanan (anjal) hingga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Karena tanpa penerangan, penghuni nomaden itu biasanya menyalakan lilin atau bakar sampah. Nah, Sabtu dini hari, diduga ada ODGJ yang bakar-bakar. Api menjalar ke perabotan dan kertas yang berada di gedung eks PN Gresik itu. Sekitar pukul 03.50 atau menjalang Subuh, petugas berhasil menguasai si jago merah. “Beruntung tidak ada korban jiwa. Catatan kami, gedung ini (eks PN Gresik,Red) sudah tiga kali terbakar,”ujar Sinaga di lokasi kejadian. (yad)