Santri Mudik Ramadan, Pemkab Gresik Fasilitasi Antarjemput dan Subsidi Harga Tiket 

GRESIK,1minute.id – Menjelang Ramadan, Ratusan santri mulai mudik ke Pulau Bawean. Diantaranya, santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan. Sebanyak 120 santri dan santriwati mudik dengan moda transportasi kapal laut, Express Bahari 8E dari Pelabuhan Gresik pada Sabtu, 19 Maret 2022. 

Seperti tahun sebelumnya, sejak kepemimpinan duet Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah, pemerintah kabupaten (Pemkab) Gresik memberikan fasilitas bus antar dan jemput santri-santriwati. Selain itu, Pemkab Gresik memberikan subsidi harga tiket sebesar Rp 60 ribu setiap santri yang mudik. 

Untuk diketahui harga tiket kapal kelas ekonomi Express Bahari 8E seharga Rp 160 ribu per orang dengan waktu tempuh selama 4 jam. Sedangkan, harga tiket kapal motor penumpang (KMP) Gili Iyang seharga Rp 75 ribu per orang selama 8-9 jam.

Zakiyah, salah satu Wali Santri mengaku sangat senang adanya kebijakan Pemerintah Kabupaten Gresik memberikan fasilitasi bus antarjemput dan subsidi tiket kapal. “Kalau dulu, kami Wali santri bingung mencari angkutan. Sekarang kami tidak bingung lagi. Karena ada bus antarjemput yang disediakan pemerintah,”katanya. Gelombang santri dan santriwati yang mudik akan semakin banyak ketika mendekati bulan suci, Ramadan. (yad)