Formagam, Jaringan GusDurian Blusukan Bagikan Sembako kepada Pemulung 

GRESIK,1minute.id – Forum Masyarakat Pecinta Keberagaman (Formagam), GusDurian dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Gresik turun ke jalan pada Kamis, 7 April 2022. Mereka blusukan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngipik.

Kehadiran anggota komunitas itu untuk memberikan bantuan sembako kepada para pemulung yang mengais rezeki di TPA berlokasi di Jalan Prof Moh Yamin, Desa Ngipik, Kecamatan Gresik itu. Baksos di bulan suci Ramadaan ini dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Asisten Bidang Kesra Suyono dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Mokh Najikh.

Sebanyak 250 paket sembako yang dibagikan kepada para pemulung dan petugas kebersihan yang dibagikan oleh komunitas lintas agama dan organisasi kemasyarakatan itu.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi kegiatan peduli kemanusiaan. “Kegiatan ini sangat menginspirasi sekali. Selain sebagai sarana membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dan sebagai ajang silaturrahmi, kegiatan ini juga mencerminkan kerukunan antar umat beragama yang kuat. Kita lihat, saudara kita ada yang dari Persatuan Gereja, Formagam dan dari organisasi lainnya,”puji Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani.

Gus Yani berharap semoga bantuan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sementara itu, Ketua Formagam Gresik Joko Pratomo mengatakan, kegiatan ini inisiasi jaringan GusDurian setiap Ramadan. “Jika, sebelum pandemi Jaringan GUSDURian menggelar kegiatan sahur bersama secara offline. Kini, kegiatan baksos tersebut salah satu media untuk menyapa dan bersilaturahmi GUSDURian dan jaringan lintas iman kepada kelompok marginal,” ujarnya. 

Kegiatan baksos merupakan kegiatan rutin yang digelar Jaringan GusDurian melalui komunitas di setiap kabupaten/kota. Dimana, dengan adanya kegiatan tersebut saling gotong royong untuk membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan. Bakti sosial ini merupakan bentuk kolaborasi antara Gusdurian Gresik, Formagam, PGI yang didukung oleh Food Cycle, GusDurian Peduli, Pattiro Gresik, Sapta Darma, PSMTI, FGKS, PP. Internasional Al Illiyin. (yad)