47 Kades Terpilih Dilantik, Bupati Ajak Kades Inovasi Wujudkan No One Left Behind

GRESIK,1minute.id – Sebanyak 47 kepala desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dilantik oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Rabu, 20 April 2022. Pelantikan dipusatkan Hall Parkir Selatan Kantor Bupati Gresik di Jalan DR Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Pilkades serentak di 47 Desa tersebar di 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik pada 26 Maret 2022 itu sukses. 
Pilkades berjalan kondusif. Selain itu, tidak ada gugatan dari para konstestan Pilkades sehingga semua kades terpilih bisa dilantik semuanya. “Ini adalah orang-orang pilihan semua,”kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya pada Rabu, 20 April 2022. 

Bupati 36 tahun ini berharap para kepala desa yang baru dilantik untuk segera bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat.Cepat Menyesuaikan dengan program pembangunan sebelumnya, Cepat menyesuaikan dengan program dari pemerintah kabupaten Gresik, Sinergi dengan pembangunan daerah.

“Pembangunan Desa merupakan tombak utama pembangunan setiap daerah, Kepala Desa menjadi kepanjangan tangan pemerintah daerah di masyarakat, Pembangunan Desa harus disinergikan dengan pemerintah daerah. Baik dalam aspek pembangunan fisik, maupun pembangunan sumber daya manusia,” terangnya.

Bupati Fandi Akhmad Yani Menyinggung tentang program pemerintah pusat di Kementerian Desa PDTT.  Kemendes PDTT memiliki program Sustainable Development Goals (SDG’S) Desa. Tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan melestarikan alam. “SDG’S Desa memiliki prinsip, tidak ada yang tertinggal (No One Left Behind), sehingga tidak ada lagi masyarakat yang njomplang kesejahteraannya,”terangnya. 

KADES TERPILIH : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyempatkan PIN kepada Fatkhur Rokhman, Kades Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik dalam pelantikan 47 Kades di hall parkir Selatan Kantor Bupati Gresik pada Rabu, 20 April 2022 ( FOTO : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa selain Inovasi program yang baik adalah pengelolaan keuangan desa yang baik dan transparan. Pengelolaan dana desa, dan sumber-sumber kekayaan desa harus benar-benar dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bahwa anggaran pemerintah desa digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

“Untuk melayani masyarakat. Saya yakin, program yang baik, Inovasi yang baik di Desa akan lebih baik ketika didukung pengelolaan keuangan yang baik serta mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan desa yang sah untuk pembangunan desa,”katanya.


Data dan Fakta Kades Terpilih 

Jumlah  : 47 47 Kepala Desa (Kades) Jenis Kelamin  : 2 perempuan, 45 Laki-laki Pendidikan : 5 SMP ;  30 SMA ; 5 Diploma-1 ; 6 Sarjana dan 1 Pasca Sarjana Tertua  : Khambali,  63, Kades Randuagung, Kecamatan Kebomas Termuda : Leo Wira Hardiono, 27, Kades Madumulyorejo, Kecamatan Dukun. (yad)