Ambulans Laut Perdana Bantuan Pasar Modal Indonesia untuk Warga Pulau Gili, Pulau Bawean 

GRESIK,1minute.id – Pemkab Gresik memiliki ambulans kapal. Ambulans laut itu bantuan tersebut merupakan Corporate Social Responbility (CSR) dari Self-Regulatory Organization (SRO) Pasar Modal Indonesia yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dari Pasar Modal Indonesia.

Bantuan  ambulans laut itu diserahkan oleh Ketua HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia sekaligus menjabat sebagai Direktur KSEI Syafruddin kepada Bupati Gresik di terminal penumpang Pelindo III Gresik pada Jumat, 22 April 2022. SRO memberikan bantuan ambulans laut yang dapat memudahkan akses kesehatan bagi masyarakat Gresik yang berada di kepulauan Bawean.

Bantuan ambulans laut yang dilengkapi oleh peralatan medis disaksikan oleh Deputi Direktur Pengembangan Sistem Informasi Pasar Modal OJK, Gustaf Rajagukguk, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 4 dan Perizinan, Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 4 Jawa Timur, Mohamad Eka Gonda Sukmana, Direktur Teknologi dan Manajemen Risiko BEI, Fithri Hadi, Direktur KPEI, Iding Pardi serta Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah serta Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik dr Mukhibatul Khusnah. 

Ketua HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan ambulans laut yang diberikan merupakan bentuk rasa peduli untuk kesehatan Indonesia. Ada 5 unit ambulans yang diberikan untuk 5 daerah, salah satunya diterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik. 

“Karena melihat tingginya kebutuhan masyarakat yang berada jauh dari perkotaan, khususnya di daerah kepulauan. Sebagai bagian dari layanan kesehatan yang dikelola oleh lembaga terkait, kami berharap ambulans laut ini dapat secara optimal dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang membutuhkan”, jelas Syafruddin. Kegiatan ini didukung langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

HIBAH KAPAL : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Wabup Gresik Aminatun Habibah (kanan) usai menerima bantuan ambulans laut dari Bursa Efek Indonesia di Pelabuhan Gresik pada Jumat, 22 April 2022 ( FOTO : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Ambulans laut kali pertama dimiliki Pemkab Gresik itu rencananya digunakan untuk masyarakat di Pulau GiliPulau Bawean. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, ambulans laut ini akan ditempatkan di penyeberangan Pulau Gili, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. “Disana ada 1.300 kepala keluarga. Semoga bantuan ini bermanfaat,”kata Bupati berusia 36 tahun itu.

Bantuan ambulans laut untuk Pemkab Gresik itu rangkaian HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia bertajuk Sinergi Pasar Modal bagi Pemulihan Ekonomi. Ambulans laut  memiliki dua mesin berkapasitas masing-masing 40 PK. Ambulans laut ini bisa melaju dengan kecepatan 20 knot atau 37,04 kilometer per jam. 

“Kami Berterima kasih kepada seluruh Pasar Modal Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan seluruh unsur yang terlibat,” imbuhnya. Pulau Gili menjadi tempat beroperasi ambulans laut karena selama ini belum mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai. Bahkan, ribuan jiwa warga setempat belum menikmati aliran listrik yang memadai. 

Perusahaan setrum negara dalam waktu dekat akan membangun fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di pulau yang memiliki alam yang eksotis itu. “Semoga dengan ambulans ini pelayanan kesehatan di Pulau Bawean dan Gili bisa maksimal dan lebih baik,”ujarnya. (yad)