Mudahkan Layanan dan Dorong Ekonomi Warga, Wabup Gresik Minta Manajemen BUMDes Bungah Berkarya Profesional

GRESIK,1minute.id – Satu lagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berdiri. BUMDes itu bernama Bungah Berkarya. Badan usaha milik pemerintah desa Bungah itu diresmikan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada Senin, 25 April 2022.

BUMDes Bungah Berkarya, diantaranya menyewakan stan pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Bungah. Wabup Aminatun Habibah dalam sambutannya berharap diresmikannya BUMDes Bungah Berkarya dan stan PKL Pasar Desa Bungah  mampu memicu tumbuhnya perekonomian, peningkatan pembangunan desa dan pembinaan serta pelayanan kepada masyarakat.

Pemerintah Desa Bungah harus mengelola secara profesional.  “Jangan sampai tidak akuntabilitas dan tidak transparan dalam pengelolaan pasar tidak boleh di sewa bertahun-tahun seperti sebelumnya, Jika sudah tidak ditempati harus dikembalikan lagi ke pemerintah desa,”tegas Wakil Bupati perempuan pertama di Kabupaten Gresik itu.

Sementara itu, Kepala Desa Bungah Subakir menjelaskan, keberadaan kantor BUMDes baru ini adalah untuk memudahkan bentuk pelayanan untuk warga Desa Bungah. Sebab, unit usaha BUMDes Bungah Berkarya tidak hanya melayani stan PKL saja. Juga melayani simpan pinjam, kredit barang, retribusi sampah, pengelolaan pertokoan dan pasar legi, penyedia Wifi rakyat dan menyediakan unit jasa

“Kami Pemerintah Desa Bungah bersama BUMDes Bungah berkarya akan semaksimal mungkin memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya warga juga bisa membayar PBB atau SPPT dilakukan di kantor BUMDes,”kata Subakir. (yad)