Gasak Motor Warga Menganti, Satu Pelaku Diamankan, Dua Pelaku Lainya Kabur

GRESIK,1minute.id – Galuh Budi Laksono harus meringkuk di tahanan Polsek Menganti. Pemuda 22 tahun asal Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik itu ditahan karena diduga melakukan pencurian sepeda motor (curanmor). Tersangka Galuh tertangkap setelah ditinggal dua anggota komplotannya menggasak motor matik, Honda Scoopy Nopol W 3095 AF.

Motor matik milik Bakir, 46, itu digasak tersangka Galuh ketika di parkir di depan rumahnya di Desa Gempolkurunh, Kecamatan Menganti pada Sabtu, 23 April 2022 sekitar pukul 19.00. Informasi yang dihimpun korban Bakir pulang ke rumah di Desa Gempolkurung, Kecamatan Menganti. Lelaki 46 tahun itu memarkir motor matiknya di depan rumahnya. Setelah mengunci stir korban masuk ke rumah. Beberapa menit kemudian, Galuh bersama dua temannya menggasak Honda Scoopy itu. Aksi kawanan spesial sepeda motor diketahui istri Bakir, Juni Wulan Suprihatin, 38. 

Juni refleks berteriak maling sambil berusaha mengejar. Teriakan istri Bakir didengar oleh Jemadi, tetangga. Jemadi bersama Bakir melakukan pengejaran. Disimpang tiga Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti satu pelaku berhasil dihadang. Saat ditanya pelaku langsung putar balik dan kabur masuk ke dalam area pergudangan. Pelaku belakangan diketahui bernama Galuh Budi Laksono itu tertangkap kemudian diserahkan ke Polsek Menganti. 

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Menganti AKP Tatak Sutrisno membenarkan kejadian tersebut. Pelaku  mengakui telah melakukan perbuatan pencurian satu sepeda motor milik korban Bakir Honda Scopy Nopol W 3095 AF bersama dengan dua temannya. 

“Pelaku lainya dalam pengejaran pihak kami membawa motor korban. Kedua pelaku sudah kami kantongi identitasnya berinisial RZ dan AM.  Masih (DPO),”ujar Tatak kepada wartawan pada Senin, 25 April 2022.

“Selain mengamankan satu pelaku pihak kami juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Genio warna hitam merah Nopol W 6985 CH beserta STNK dan kunci kontak milik tersangka, satu STNK sepeda motor Honda Scopy Nopol W 3095 AF beserta kunci kontak milik korban dan satu jaket kain warna biru yang digunakan pelaku pada saat melakukan perbuatan pencurian,” pungkasnya.(yad)