Cegah Human Error Laka Lantas, Polisi dan Dishub Gresik Tes Urine Sopir dan Cek Kendaraan 

GRESIK,1minute.id – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik menggelar pemeriksaan kesehatan dan tes urine kepada ratusan sopir bus pada Selasa, 9 April 2024. Pemeriksaan kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik dan Sie Dokkes Polres Gresik dipusatkan di terminal Bunder, Gresik.

Pemeriksaan kesehatan dan tes urine gratis ini untuk memastikan kondisi kesehatan sopir dan awak bus sebelum melakukan perjalanan mudik antisipasi human error kecelakaan. Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kasat Lantas Polres Gresik AKP Derieu Fandesca menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan sopir dan awak bus sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kelalaian sopir yang sedang dalam kondisi tidak sehat atau di bawah pengaruh narkoba. Kegiatan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang bus,” ujar AKP Derie. Ia juga mensosialisasikan Operasi Ketupat 2024 dan imbauan agar tertib berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap puluhan sopir dan awak bus, tidak ditemukan satupun yang menggunakan narkoba. Ini menunjukkan bahwa para sopir dan awak bus di Gresik berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penumpang,” kata AKP Derie.

Selain pemeriksaan kesehatan sopir dan awak bus. Satlantas Polres Gresik  bersama Dishub Gresik memeriksa “kesehatan” bus. (yad)