Kopsyah MUI ke-15 Hadir Di Gresik, Bupati Inginkan Produk Ponpes Masuk Ritel Ideal Mart

GRESIK,1minute.id– Koperasi syariah (Kopsyah) hadir di Gresik. Namanya,  Kopsyah Mitra Usaha Ideal (Kopsyah MUI) Jatim. Kopsyah MUI kali pertama di Kabupaten Gresik itu diresmikan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada Kamis, 3 Maret 2022.

Kopsyah MUI itu berlokasi di Jalan Pahlawan, Desa Ngawen, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Kopsyah menempati gedung tiga lantai. Lantai dasar diperuntukkan ritel  Ideal Mart , Lantai 2 kantor manajemen usaha simpan pinjam syariah dan lantai 3 ruang pertemuan dan lainnya. 

Peresmian Kopsyah MUI dan Grand Opening Ritel Ideal Mart tersebut dihadiri oleh Ketua Kopsyah MUI Jatim  Abdul Muhith, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik KH. Mansoer Sodiq, mantan Ketua MUI Gresik KH. Chusnan Ali, tokoh agama serta jajaran pengurus Kopsyah MUI Jatim cabang Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memberikan apresiasi berdiri kopsyah dan  Ideal Mart itu.  “Hal ini menunjukkan suatu impelementasi kegiatan berbentuk ekonomi syariah umat islam di Kabupaten Gresik dalam bentuk koperasi,”ujar Fandi Akhmad Yani pada Kamis,  3 Maret 2022. “Kita berharap dengan Koperasi Syariah ini, mampu menjawab tantangan terhadap ekomomi Umat,”imbuh Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani. 

Ia melanjutkan, dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) koperasi berbasis syariah menjadi alternatif masyarakat dengan pembiayaan yang murah dan mudah untuk permodalan usaha dalam bisnis UKM dan UMKM di Kabupaten Gresik. Menurut Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani, cara memulai usaha baru bukan lah suatu hal yang mudah. “Kopsyah MUI dan Toko Ideal Mart harus bisa membawa produk produk pondok pesantren untuk dipasarkan,”harapnya. 

Produk di Ideal Mart harus didominasi dari pondok pesantren tujuannya untuk mendukung produk buatan asli lokal untuk kemandirian dan mendorong ekonomi umat. “Saya berharap agar pengurus Koperasi Syariah Mitra Usaha Ideal dan Ritel Ideal Mart dapat menjalankan amanah dengan baik,”katanya. 

Sementara itu, Ketua Kopsyah MUI Jatim Abdul Muhith mengatakan Kopsyah MUI sudah beroperasi di 3 Cabang Kabupaten/Kota. Yakni, Surabaya, Gresik dan Lamongan dengan total keseluruhan sebanyak 15 kantor cabang. Salah satunya kantor pusat yang saat ini diresmikan oleh Bupati Gresik. “Insya Allah tahun depan Kopsyah MUI akan menyentuh seluruh wilayah Jawa Timur sesuai wilayah kerja kita,”katanya. 

“Semoga hadirnya koperasi simpan pinjam berbasis syariah dan ritel Mart ini dapat dapat memberikan manfaat untuk warga masyarakat Sidayu dan sekitarnya,”harap Muhith. (yad)