1.316 Personil Amankan Pilkades Serentak Gresik, Sabtu Besok

GRESIK,1minute.id –  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak digelar Sabtu besok, 26 Maret 2022. Sebanyak 125 calon kepala desa (cakades) yang ikut kontestasi pesta demokrasi di tingkat desa. Ratusan cakades itu berkompetisi untuk mengisi 47 kepala desa yang tersebar di 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik itu.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gresik telah matang mempersiapkan gelaran pilkades serentak itu. Ratusan personil pengamanan Pilkades Serentak telah digeser ke sejumlah desa setelah neraka mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades 2022 di halaman Kantor Bupati Gresik pada Jumat, 25 Maret 2022.

Pemimpin apelnya adalah tiga pilar, yakni Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis bersama Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah. Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan kekuatan personil yang akan di BKO-kan ke Polsek Jajaran dalam rangka mendukung pengamanan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Gresik pada Sabtu besok, 26 Maret 2022.

Polres Gresik menggerahkan sebanyak 1.316 personil untuk pengamanan Pilkades di 47 Desa tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik. Rincianya, 566 personil dari Polres Gresik, 100 personil BKO Brimob Polda Jatim, 100 personil BKO Samapta Polda Jatim 100 personil dan 550 personil dari 14 Polres di jajaran Polda Jatim. Jumlah pengamanan belum termasuk dari Linmas dan TNI.

“Kita berharap, pelaksanaan pesta demokrasi Pilkades serentak berjalan lancar, aman dan damai, serta terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,”kata Bu Min-sapaan akrab-Aminatun Habibah. 

Kapolres Gresik AKBP Nur Azis berpesan, pelaksanaan apel kali ini dilaksanakan sebagai upaya konsolidasi hasil latihan pra operasi serta final checking terhadap kesiapan seluruh satuan, personil, peralatan dan tak kalah pentingnya adalah untuk sinergitas dengan instansi terkait/lintas sektoral baik dari unsur TNI, Pemda serta dukungan komponen lainnya.

“Kondisi tersebut tidak akan terwujud begitu saja, namun diperlukan suatu proses yang harus disiapkan sejak awal agar seluruh tahapan pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Gresik 2022 dapat berjalan aman, tertib sukses dan damai,”harap Nur Aziz. 

Ia mengimbau kepada seluruh anggota yang terlibat pengamanan Pilkades serentak 2022 agar dalam pelaksanaan pengamanan di lapangan jangan underestimate. “Setiap permasalahan yang timbul agar diselesaikan secara profesional sesuai dengan ketentuan dengan tetap berpegangan pada peraturan,”pesannya. 

Usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades di halaman Kantor Bupati Gresik , ribuan personil di geser ke Mapolsek sebelum menuju ke desa-desa yang menggelar Pilkades serentak. Desa Sumurber, Kecamatan Panceng, salah satunya. 

Di Desa Sumurber terdapat 4 cakades yang ikut kontestasi dalam Pilkades serentak ini. Mereka adalah nomor urut 1 Musa Al Asy’ari ; nomor urut 2 Hunaifi ; nomor urut 3 Abd Fadlol dan nomor urut 4 Enni Faridah. Empat cakades itu berusaha merebut hati 3.549 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang tersebar di 8 tempat pemungutan suara (TPS).

Seperti diberitakan, Pilkades serentak 2022 digelar pada Sabtu, 26 Maret 2022. Pilkades digelar di 47 desa di 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik.  Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik sebanyak 303 tempat pemungutan suara (TPS), 126.281 Daftar pemilih tetap (DPT) dan 125 calon kepala desa (Cakades). (yad)