Bupati Gresik Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak, Suasana Kondusif 

GRESIK,1minute.id – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) seretak di Kabupaten Gresik berjalan kondusif pada Sabtu, 26 Maret 2022. Bupati Gresik Fandi Akhmad memantau langsung pelaksanaan pencablosan pesta demokrasi di masa pandemi Covid-19 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Diantaranya, TPS 012 di Jalan Taman Enggano Dalam Kompleks Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Di TPS itu, terdapat 461 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). DI Desa Yosowilangun ini, terdapat lima orang calon kepala desa (Cakades) yang berusaha merebut hati para pemilih itu.

Lima Cakades itu adalah Zainal Abidin ; Abdul Khamid ; Abdur Rosyid ; Iriana Yudhaningsih dan Moch Supriyadi. 
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan,  gelaran Pilkades 2022 dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Sebab, pandemi Covid-19 belum berakhir. Di setiap TPS di dampingi tenaga kesehatan. “Setiap TPS disiapkan satu bilik suara khusus bagi pemilih yang memiliki suhu badan diatas 37 derajat celcius,”ujar Fandi Akhmad Yani.

Bupati 36 tahun itu didampingi Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir serta Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik Suyono. 

Gus Yani-sapaan akrab-Bupati Fandi Akhmad Yani menambahkan Pilkades serentak di 47 desa tersebar di 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik ini bisa  berlangsung aman. “Semoga Pilkades serentak tetap menciptakan suasana aman dan kondusif,”harapnya. 

PAKAI SARUNG TANGAN PLASTIK : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kanan) mengamati pemilih yang menggunakan sarung tangan plastik disediakan panitia pencablosan di TPS 012 Jalan Taman Enggano Dalam, GKB ,Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik pada Sabtu, 26 Maret 2022 ( Foto : Chusnul Cahyadi/1minute.id)

Dalam pantauan 1minute.id, sekitar pukul 10.00 pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 164 dari 361 DPT yang terdaftar di TPS 012 Desa Yosowilangun itu. “Sudah 40-an persen yang hadir,”ujar seorang petugas di TPS 012 Desa Yosowilangun itu, Sebelum mencoblos setiap pemilih menjalani tes suhu tubuh, memakai sarung tangan plastik, memakai masker. Setiap pemilih rata-rata butuh tidak lebih 5 menit. 

Seperti diberitakan, Pilkades digelar di 47 desa di 18 Kecamatan se-Kabupaten Gresik.  Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik sebanyak 303 tempat pemungutan suara (TPS), 126.281 Daftar pemilih tetap (DPT) dan 125 calon kepala desa (Cakades). 

Polres Gresik menggerahkan sebanyak 1.316 personil untuk pengamanan Pilkades di 47 Desa tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik ini. Rincianya, 566 personil dari Polres Gresik, 100 personil BKO Brimob Polda Jatim, 100 personil BKO Samapta Polda Jatim 100 personil dan 550 personil dari 14 Polres di jajaran Polda Jatim. (yad)