Lembaga Konservasi Bawean Prihatin, 5 Ekor Ikan Duyung Mati Di Pesisir Pulau Bawean 

GRESIK,1minute.id – Sebanyak lima ekor dugong alias ikan duyung terdampar dan mati di pesisir Pulau Bawean dalam tiga tahun terakhir ini. Kali terakhir, hewan mamalia yang langka itu ditemukan mati di pesisir pantai Panjinggahan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean pada Selasa, 30 April 2024. Ikan duyung dikubur pada Rabu, 1 Mei 2024.

Menurut Kabid Penelitian Konservasi Bawean Yusra, dimungkinkan bahwa dugong tersebut sudah terdampar beberapa Minggu yang lalu. Dugong nahas itu memiliki panjang 238 cm, lingkaran 106 cm dan panjang sirip 35 cm. “Kami sulit mengenali jenis kelaminnya. Karena kondisi putri duyung itu sudah rusak,” katanya. 

Yusra menduga penyebab mamalia tersebut terdampar di bibir pantai Dusun Pajinggahan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak dimungkinkan karena cuaca buruk dan ombak yang besar yang terjadi di Pulau Bawean sebulan belakangan ini. “Sebelumnya di tahun yang lalu, bahkan setahun ada dua mamalia dugong yang terdampar sehingga Bawean ini setiap tahun selalu ada dugong terdampar,” urainya.

Pada Rabu, 1 Mei 2024 dugong dikuburkan bersama RKW 11 Bawean (Badan Konservasi Sumber Daya Alam/BKSDA Jatim ), masyarakat sekitar dan Tim Konservasi Bawean. Data Perkumpulan Peduli Konservasi Bawean tentang kematian dugong atau Putri Duyung sebagai berikut:

1. 17 Mei 2021 : Seekor Ikan Duyung di Pantai Mayangkara, Desa Kepuh Teluk, Kecamatan Tambak

2. 27 Desember 2022 Ikan Duyung terdampar di Pantai Tanjunganyar Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura 

3. 4 Februari 2023 seekor dugong terdampar di Pantai Tanjunganyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura 

4. 9 Maret 2023 seekor dugong terdampar di Pantai Dusun Rabe, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura 

5. 30 april 2024 seekor Dugong terdampar di Pantai Dusun Pajinggahan, Desa Tanjungori Kecamatan Tambak

Dari data diatas, Yusra, Kabid Penelitian Konservasi Bawean, mengharapkan ada perhatian dari pihak terkait untuk segara melakukan penelitian agar terpetakan keberadaan hewan mamalia dan diketahui penyebab paling utama yang membuat dugong ini terdampar setiap tahunnya. (yad)